Memiliki penyakit di bagian kulit memang sangat menyiksa. Bukan hanya karena merasa sakit atau gatal, namun juga karena rasa percaya diri yang hilang terutama jika penyakit terjadi di bagian kulit yang mudah terlihat oleh orang lain. Kulit sendiri merupakan organ terbesar dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya. Jika kulit bisa sampai sakit, itu tandanya Anda memiliki kekebalan tubuh yang rendah sehingga harus segera mengkonsumsi buah dan sayur lebih banyak juga obat sesuai dengan penyakit kulit yang dimiliki. Ada banyak jenis penyakit yang bisa terjadi di area kulit. Berikut ini adalah beberapa contoh jenisnya yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan orang lain sehingga Anda harus lebih waspada baik sebagai penderita maupun orang sehat yang akan melakukan kontak dengan penderita:

  1. Herpes.
    Herpes merupakan penyakit yang sering diderita akibat kekebalan tubuh menurun. Disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) penyakit ini dibedakan menjadi herpes oral atau HSV 1 dan herpes genital atau HSV 2. HSV 1 menyerang di sekitar mulut atau wajah dengan luka lenting berisi cairan yang terasa nyeri atau panas. Mudah menjalar di sekitar wajah apalagi jika terkena angin. Menular dengan cara bersentuhan dengan cairan lenting secara langsung. Sedangkan untuk herpes tipe 2 menyerang di bagian alat kelamin atau rektum. Menular melalui hubungan seksual dan dari ibu hamil ke bayi yang dilahirkan.
  2. Cacar air.
    Disebabkan oleh virus Varicella Zoster, cacar air dapat menular dengan berbagai cara mulai dari bersentuhan langsung, terkena cairan cacar penderita, melalui udara akibat bersin dan batuk atau melalui pakaian. Cacar air kini bisa dicegah dengan vaksinasi, tetapi sebelum ditemukan vaksin cacar, angka kematiannya sangat tinggi. umumnya diderita oleh anak-anak namun orang dewasa apalagi yang belum divaksin juga bisa mengidapnya.
  3. Kudis.
    Penyakit pada kulit lainnya yang mudah menular adalah kudis. Disebabkan oleh parasit Sarcoptes Scabiei membuatnya juga dikenal dengan nama penyakit scabies. Penyakit ini bisa dimiliki oleh manusia maupun hewan dan bisa terjadi penularan diantara keduanya. Parasit berkembang biak di kulit dengan melepaskan telurnya di sana sehingga mengakibatkan rasa gatal terutama di malam hari. Biasanya terjadi di lipatan kulit seperti perut, jari, telinga dan punggung. Agar tidak kembali kambuh, pengobatan kudis pada manusia dilakukan dengan salep yang dioleskan di seluruh tubuh dan mencuci pakaian, handuk, sprei dan selimut yang digunakan.
  4. Kurap.
    Kurap disebabkan karena jamur yang menyebabkan rasa gatal dan kemerahan. Dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Bagian kulit yang lembab dan kurang mendapatkan sinar matahari akan lebih rawan terkena kurap jika kebersihannya tidak Anda jaga.
  5. Impetigo.
    Penyakit yang satu ini lebih mudah menyerang pada anak balita. Disebabkan karena bakteri yang tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembab. Penderita akan merasakan gatal dan ingin terus menggaruk yang membuat kulit terluka. Luka ini justru akan membuat bakteri semakin mudah masuk ke dalam jaringan kulit dan menyebabkan luka yang lebih hebat. Dapat menular melalui kontak langsung maupun dari pakaian dan handuk.

Itulah beberapa daftar penyakit kulit yang perlu Anda waspadai karena mudah menular melalui kontak fisik langsung maupun tidak langsung. Agar Anda tidak mudah tertular penyakit pada kulit, tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta perbanyak minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *