Susu menjadi salah satu zat penting yang diperlukan dalam tubuh. Susu mengandung zat seperti kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang, khususnya bagi anak – anak susu sangat dianjurkan untuk dapat dikonsumsi.

suara.com

Penyebab umum alergi susu dapat terjadi bagi sebagian orang yang mengkonsumsi susu. Sehingga terdapat susu tertentu yang tidak dapat dikonsumsi oleh sebagian orang, karena apabila mengkonsumsi susu tersebut justru dapat menimbulkan alergi pada tubuh.

Lalu apa yang menjadi penyebab terjadinya alergi terhadap susu, sehingga tubuh menolak atau melawan zat baik yang berguna untuk tubuh tersebut.

Berikut penjelasan mengenai penyebab yang biasa terjadi karena alergi susu.

Alergi Terhadap Susu

Alergi terhadap susu adalah suatu keadaan yang terjadi akibat tubuh mengalami reaksi yang tidak normal yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh. Biasanya yang mengalami alergi ini adalah anak – anak yang mengkonsumsi susu sapi.  Namun orang dewasa juga dapat mengalami alergi susu ini. Alergi susu pada orang dewasa biasanya adalah akibat dari alergi pada waktu kecil yang terbawa hingga saat dewasa.

Gejala Alergi Karena Susu

Ketika mengalami alergi terhadap susu, tiap orang mungkin akan mengalami reaksi yang berbeda – beda. Alergi dapat terjadi pada hitungan menit bahkan jam. Gejala yang biasa muncul akibat alergi susu adalah,

Muncul rasa gatal pada mulut dan bibir yang terasa seperti disengat, terjadi bengkak pada lidah, bibir, atau amandel, akan mengalami muntah atau batuk hingga sesak nafas.

Dalam hitungan jam reaksi terhadap susu yang terjadi seperti muntah, diare bahkan ruam pada kulit.  Reaksi yang berlebihan terhadap susu juga dapat menyebabkan anafilaksi yaitu suatu alergi yang parah yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Umum Alergi Terhadap Susu

Alergi pada susu yang terjadi pada tubuh seseorang dikarenakan tubuh mengira protein yang terdapat pada susu sebagai suatu ancaman atau sebagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Akibat reaksi ini sistem kekebalan tubuh akan memproduksi antibodi immunoglobulin E yang akan berfungsi untuk menetralkan alergi tersebut.

Akibat proses ini akan terjadi sebuah pelepasan zat kimia tubuh yang mirip dengan histamin, proses inilah yang menyebabkan terjadi gejala – gejala alergi tubuh yang muncul akibat mengkonsumsi susu.

Alergi terhadap susu berbeda dari intoleransi susu. Intoleransi susu adalah ketika tubuh tidak dapat mampu untuk mencerna gula yang terdapat di dalam susu. Hal ini juga tidak berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga pengobatan antara alergi terhadap susu dan intoleransi susu berbeda.

Kasein dan Whey adalah kandungan protein pada susu yang menjadi penyebab utama terjadinya gejala alergi terhadap susu.

Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya alergi susu adalah terdapat riwayat alergi seperti asma, anak – anak yang menderita dermatitis atopik, adanya alergi terhadap makanan yang terjadi setelah terjadinya alergi akibat mengkonsumsi susu, susu – susu tertentu yang dapat menyebabkan alergi biasanya adalah susu sapi.

Jadi penyebab umum alergi susu adalah karena sistem kekebalan tubuh yang salah mengambil informasi bahwa protein baik yang masuk ke dalam susu setelah mengkonsumsi susu adalah zat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh, sehingga tubuh melakukan reaksi perlawanan atau reaksi yang berlebih dan mengakibatkan terjadinya alergi susu baik itu yang terjadi pada anak atau orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *