Memiliki sepatu kini tak hanya lagi sebagai kebutuhan saja, bagi sebagian besar orang memiliki sepatu adalah hobi. Sepatu kerap kali dijadikan bahan koleksi karena beberapa sepatu dianggap investasi yang nantinya masih tetap bernilai setelah beberapa lama digunakan. Namun hal tersebut juga tergantung pada perawatan yang dilakukan agar selama disimpan sepatu tidak mengalami kerusakan dan tetap terjaga kualitasnya. Jenis-jenis sepatu memang banyak sekali dijumpai, mulai dari sepatu yang bernuansa feminim seperti flat shoes, heels atau wedges, hingga yang bernuansa kasual seperti sepatu walking atau juga sneakers. Banyaknya jenis sepatu memang menjadikan penggunanya dibebaskan untuk memilih jenis sepatu apa yang cocok untuk digunakan yang sesuai dengan gaya dan kepribadian seseorang. Memilih sepatu seperti layaknya memilih pasangan hidup, harus sesuai dengan kepribadian dan selera yang sesungguhnya dan pastinya kenyamanan juga diutamakan. Converse merupakan sepatu yang paling banyak dikoleksi karena harganya yang tidak begitu mahal namun masih sangat layak untuk dijadikan barang koleksi atau untuk digunakan sehari-hari. Converse juga memiliki ragam yang unik di setiap series yang dikeluarkannya sehingga sangat cocok untuk dikoleksi.

Selain memilih sepatu kamu juga harus merawatnya dengan baik terutama jika kamu gemar mengoleksi sepatu dengan harga yang cukup pricy, akan sangat disayangkan jika kamu memiliki sepatu yang branded namun tidak dirawat dengan benar sehingga sepatu akan cepat rusak begitu saja tanpa disadari. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas sepatu agar tetap terjaga, selain itu merawat sepatu dengan benar juga akan menjaga kenyamanan sepatu saat digunakan. Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas sepatu? Ini dia simak tipsnya di bawah ini

  1. Simpan di tempat kering dan hindarkan dari lembab

Untuk menyimpannya kamu harus memilih tempat kering yang terhindar dari lembab dan juga debu. Hindari menyimpan sepatu yang terpapar sinar matahari langsung. Simpan sepatu di tempat terbuka di rumahmu yang ditata dengan baik di lemari atau rak khusus sepatu.

  1. Jangan menumpuk sepatu

Hindari penumpukan sepatu karena penumpukan sepatu dapat merusak struktur sepatu, terlebih lagi jika sepatu ditumpuk dalam keadaan kotor maka akan menjerap kotoran di dalamnya dan akan timbul bakteri penyebab bau tak sedap pada sepatu.

  1. Gunakan plastik atau pembungkus sepatu

Untuk menjaga sepatu dari debu dan kotoran saat disimpan kamu bisa menggunakan plastik untuk menjaga sepatu dari kotoran. Bungkus sepatu satu persatu jika memungkinkan sehabis digunakan dan pastikan sepatu dibungkus dalam keadaan kering dan bersih.

  1. Gunakan parfum sepatu

Untuk menghindarkan sepatu dari bau tak sedap kamu bisa menggunakan parfum sepatu yang banyak dijual di pasaran, parfum sepatu dapat berupa parfum yang digunakan dengan cara disemprotkan dan juga ada jenis parfum sepatu yang menggunakan zat yang dibungkus dengan kertas semacam pembungkus teh yang diletakkan di dalam sepatu saat disimpan. Selain menjaga agar tetap wangi biasanya zat ini juga mampu menyerap lembab pada sepatu dari bagian dalam.

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan saat menyimpan sepatu untuk menjaga kualitas sepatu selama penyimpanan, pastikan juga menjaga kebersihan sepatu dengan mencucinya secara rutin selama 1 kali dalam 3 hingga 4 minggu agar menghindarkan sepatu dari kotoran membandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *